Cara Menghilangkan Stres pada Anak-anak Gadis Remaja Anda

Memiliki anak berusia remaja memang gampang-gampang sulit menanganinya. Namun sebagai orangtua yang baik, perlu memperlakukan remaja sesuai usia dan kebutuhannya. Ketika anak remaja Anda sedang ruwet dengan berbagai masalah, berikan ide untuk bersantai. Dan, berikut beberapa cara santai yang tepat disarankan bagi remaja.

Longgarkan Stres Dengan Karaoke
Sebuah penelitian sebuah kelompok paduan suara di perguruan tinggi menunjukkan,  tingkat stres siswa dapat menurun ketika mereka bergabung dalam kelompok bernyanyi. Tapi Anda tidak perlu bergabung dengan klub Glee  atau harus memiliki bakat menyanyi . Stres dapat mereda bahkan dengan karaoke bersama teman-teman. Pada saat bernyanyi, seseorang juga melakukan latihan pernafasan dan akan meningkatkan endorfin. Melakukan karaoke dengan teman-teman  juga akan memberi ‘obat tawa’ penyembuh stres.

Keluar Ruangan
Penelitian menunjukkan,  menikmati suasana outdoor atau melihat alam dari jendela memiliki efek  baik bagi emosi.  Sarankan remaja Anda yang sedang stres untuk berjalan beberapa blok dari halte bus atau beberapa blok ke sekolah setiap hari. Atau, sekedar beraktivitas di taman kota maupun pergi ke alam bersama teman-teman dia akhir pekan.

Ajak Anak Tertawa
Penelitian telah menunjukkan, jika tertawa lebar  dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menekan hormon stres, kortisol. Jadi, jika remaja Anda sedang stres, buatlah gerakan lucu, berikan cerita lucu, menonton acara komedi atau ajak anak bercanda. Atau sarankan untuk  nongkrong bersama teman-teman yang menurutnya dapat menghibur dirinya.

Cari Hobi
Anak perlu hobi untuk melepas stres namun  video game tidak masuk hitungan. Sebuah studi menunjukkan,  bermain video game sembari sibuk SMS atau nonton TV justru dapat menekan pikiran. Jika anak ingin ber-SMS, sarankan untuk mematikan games dahulu, begitu juga  sebaliknya. Lebih baik lagi, habiskan waktu melakukan hobi lain, seperti: membaca, fotografi, melukis, olahraga, atau musik.

Berbicara Dengan Teman
Berbicara tentang hal yang membuat Anda stres, dapat membuat kerumitan masalah berkurang. Anak bahkan dapat menemukan jika ada orang lain yang tengah mengalami hal yang sama. Anak remaja umumnya kurang merasa nyaman berbicara dengan ibu atau ayahnya. Sarankan pada anak untuk berbicara dengan teman-temannya, guru favorit, atau bahkan hewan peliharaan keluarga. Penelitian menunjukkan, orang yang memelihara hewan memiliki tingkat stres lebih rendah dengan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Cium Sesuatu yang Enak
Jika remaja putri Anda termasuk penggemar produk-produk kecantikan dan aromaterapi, berikan padanya aroma-aroma seperti lavender, rosemary, cendana, atau bergamot  yang menurut penelitian dapat menurunkan produksi hormon stres.

Ya, Anda dapat menemukan beberapa aroma tersebut pada produk lotion dan produk mandi di gerai-gerai di departemen store dekat rumah. Atau, dapat menemukan rosemary kering di dapur yang bisa digunakan sebagai campuran berendam anak.