Tips Makan Sehat Saat Jam Kerja Padat Sibuk Bekerja

JADWAL kerja yang padat membuat kita sering kali melewatkan waktu makan dan olahraga secara teratur. Padahal, makan dengan waktu dan kandungan gizi benar dan cukup sangat membantu kesehatan dan tubuh kita makin prima.

Berikut beberapa hal yang jangan terlewatkan :
  1. Sarapan. Ini adalah satu kegiatan yang paling penting sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Makanan yang kita makan dalam sarapan akan menjadi bahan bakar sehingga tubuh terhindar dari rasa lemas. Bahan bakar ini akan membantu kita untuk tetap tumbuh dan menjadi sumber tenaga sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi.
  2. Air Putih. Beberapa orang kerap melewatkan kesempatan untuk minum air putih padahal justru sangat berfungsi untuk pencernaan. Para dokter menyarankan, setiap harinya harus mengkonsumsi delapan gelas dalam sehari. Biasakan minum lima gelas air putih sebelum waktunya makan siang dan tiga gelas berikutnya saat menjelang waktunya pulang. Praktek ini mungkin sedikit merepotkan, bagi mereka yang gemar minum kopi, selain mencegah kantuk, juga membuat kita tetap terjaga di kala harus lembur. Yang harus diingat, mengkonsumsi minuman berkafein dalam skala yang berlebihan berpotensi meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung berdebar kencang. Bukannya hilang rasa kantuk, tapi hanya membuat kita cepat stres. Jadi, tidak ada salahnya kopi diganti dengan air putih.
  3. Sayuran dan buah. Menjelang waktunya makan siang, terkadang kita melupakan yang namanya sayuran dan buah. Padahal menu wajib itu harus kita konsumsi setiap hari. Bagi yang tidak gemar makan sayuran, cobalah menu dalam kemasan yang lain tapi tetap terbuat dari sayuran, sehingga tidak mengurangi selera makan siang. Seperti, pizza sayuran, salad, lasagna bayam, gado-gado. Sedangkan untuk buah, cobalah biasakan membawa bekal buah di dalam tas sebagai cemilan pengganti keripik, cokelat dan lainnya. Jika tidak ingin repot, saat makan siang dapat menambahkan menu jus buah yang kaya akan vitamin.
  4. Olahraga ringan. Pekerjaan yang menumpuk membuat kita lupa untuk berdiri dan meregangkan otot sejenak. Bahkan mata dibiarkan seharian berlama-lama di depan layar komputer. Usahakan tiap 20 menit sekali untuk berdiri dan rehat sebentar. Untuk memperbaiki posisi tempat duduk, meregangkan otot-otot yang tegang dan lainnya.