Gaya Hidup Vegetarian Memiliki Tulang yang Lemah Rapuh

Mereka yang menganut gaya hidup vegetarian atau hanya mengonsumsi pangan nabati, diketahui memiliki tulang yang lemah bila dibandingkan dengan pemakan daging. Begitu menurut tim peneliti dari Australia dan Vietnam. Dalam studi yang memfokuskan pada kesehatan tulang dan pola makan itu dan melibatkan 27.000 orang itu diketahui kepadatan tulang para vegetarian lima persen lebih rendah dibanding dengan kelompok pemakan daging.
"Praktisnya, kepadatan tulang orang yang makan daging dan kelompok ovolactovegetarian (yang menghindari daging dan makanan laut tetapi tetap makan telur dan produk turunan sapi) tidak jauh berbeda," kata Tuan Nguyen, ketua peneliti. Tetapi perbedaan tersebut makin tegas pada kelompok vegan, yang sama sekali tak mengonsumsi semua produk hewani dari pola makannya. Kepadatan tulang kelompok ini enam persen lebih lemah.

Meski perbedaannya secara klinis tidak signifikan namun menurut Nguyen banyaknya jumlah penganut vegetarian dan kasus osteoporosis membuat topik ini layak untuk diteliti lebih lanjut.