Makanan Pengganti yang Sehat untuk Menjaga Kesehatan

HIDUP sehat identik dengan mengurangi asupan lemak, garam dan gula serta menambah makanan sehat. Tapi, bukan berarti Anda harus meninggalkan makanan kesukaan seperti cokelat atau roti. Yang perlu Anda lakukan hanyalah cermat dalam memilih makanan. Mulailah mengganti cokelat susu yang Anda konsumsi dengan dark chocolate. Selain tetap memuaskan selera lidah, Anda juga akan mendapatkan manfaat ekstra dari kandungan antioksidan di dalamnya. Berikut beragam makanan pengganti sehat yang bisa membantu Anda dalam memilih makanan.
Cokelat susu dengan dark chocolate
Pilihlah dark chocolate dengan kandungan cokelat paling tidak 60%. Dibandingkan dengan cokelat susu, jenis ini lebih kaya akan antioksidan yang berfungsi mencegah penuaan sel-sel. Selain itu, lemak dari cokelat juga tidak bersifat meningkatkan kolesterol. Hasil percobaan di laboratorium yang dilakukan David L. Katz, MD, pakar gizi dari Yale University School of Medicinemenemukan, pembuluh darah mengalami perbaikan 2 jam setelah makan atau minum dark chocolate.

Anggur putih dengan anggur merah
Dibandingkan dengan anggur putih, anggur merah mengandung lebih banyak antioksidan, yang berasal dari kulit buah anggur. Alkohol, tentunya dalam jumlah sedang, juga berfungsi mencegah terjadinya pengentalan darah.  Berdasarkan hasil studi, terang Katz, satu gelas anggur sehari sudah optimal untuk perempuan.

Roti putih dengan roti whole grain
Ini merupakan salah satu cara melawan penuaan. Serat larut dalam air yang ditemukan pada oat dan jelai dinyatakan efektif dalam menurunkan kadar insulin dan kolesterol jahat LDL penyebab diabetes dan penyakit jantung. Sedang serat tidak larut yang terdapat dalam whole wheat berfungsi mencegah gangguan pencernaan.

Soda dengan teh
Secangkir teh akan menambah asupan antioksidan Anda. Sedang soda hanya menyumbang tambahan gula. Teh hitam, teh hijau atau teh putih bisa dikonsumsi dalam kondisi panas atau dingin untuk menambah nutrisi dan asupan kafein Anda.

25% asupan gula dengan bubuk susu tanpa lemak dalam jumlah yang sama
Mengurangi jumlah gula dalam kue atau roti merupakan langkah awal untuk melatih lidah mencintai makanan yang tidak manis. Mengurangi gula merupakan salah satu cara terbaik dalam mencegah peningkatan berat badan dan diabetes. Asupan gula yang tinggi bahkan bisa memicu glycosylation. Ini merupakan suatu proses dimana molekul-molekul gula menempel ke molekul-molekul protein, potensial merusak sel-sel, meningkatkan peradangan, dan menjadi salah satu penyebab penyumbatan arteri.

Soda dengan air putih
Air putih merupakan satu-satunya cairan terbaik yang bisa menjaga kelembaban tubuh, hal yang sangat penting agar sistem tubuh bisa bekerja dengan baik. Minuman bersoda memang bisa memuaskan rasa haus. Akan tetapi, para ilmuwan masih mengkhawatirkan kalau pemanis di dalamnya bisa memicu kanker. Selain itu, minuman bersoda ini membuat mulut terbiasa dengan rasa manis, sehingga memicu Anda terus menambah asupan gula dan secara umum akan merusak diet Anda.