Gigi Anak-anak Lapisan Email Giginya Seperti Terkelupas

Gigi Anak Seperti Terkelupas Lapisan Email Giginya - Anak saya berumur 2 tahun dan giginya seperti terkelupas lapisan emailnya. Saya lihat di internet, saya khawatir enamel hypoplasia. Lalu saya pergi ke dokter gigi dan dia menyatakan kekhawatiran saya keliru. Katanya, cuma karies saja. Oleh dokter itu, gigi anak saya diberi olesan yang katanya lapisan fluor dan diberi obat Vinafluor 1 mg dengan dosis 1x0,5 tablet. Dokter juga mengatakan akan memberikan lapisan (crown) bila anak saya berumur sekitar 5 tahun. Saya khawatir giginya akan habis sebelum saat itu.

Anak saya selalu merasa giginya sakit, tidak pernah mengizinkan saya menyentuh, menggosok gigi bahkan memakai kasa steril. Dulu warna giginya abu-abu setelah lapisan email lepas, sekarang berwarna cokelat kehitaman.

Dok, apakah tindakan dokter gigi tersebut benar? Apa yang harus saya lakukan? Mohon informasi dokter gigi anak (pedodonti) di kota Yogyakarta atau Surakarta. Bila tidak ada, di Surabaya atau Jakarta. Terima kasih atas perhatian dan informasinya. (Agus - Yogyakarta)
Dalam hal ini Bapak tidak menyebutkan gigi apa saja yang bermasalah, karena tidak semudah itu menyatakan bahwa gigi anak Bapak terkena hypoplasia enamel. Untuk mendiagnosisnya diperlukan serangkaian data yang diperoleh melalui tanya jawab dengan orangtua penderita, pemeriksaan klinis dan foto rontgen.

Membaca keterangan Bapak, kemungkinan diagnosis gigi anak Bapak hanya karies biasa. Hal ini ditandai dengan adanya warna keabuan pada awalnya dan saat ini berwarna cokelat kehitaman. Berhubung gigi tersebut saat ini sudah mulai terasa sakit, sebaiknya segera bawa anak Bapak ke dokter gigi anak terdekat untuk mendapatkan perawatan sebagaimana seharusnya.

Mengingat tablet fluor yang diberikan pada saat usia anak 2 tahun maka kegunaannya lebih bermanfaat untuk gigi permanennya.