Gangguan Kesehatan yang Sering Menimpa Wanita

PEREMPUAN mengalami banyak perubahan dalam tubuhnya di berbagai tahapan usia. Ketika menua, berbagai gangguan menjadi lebih sering muncul karena proses menurunnya beberapa fungsi dalam tubuhnya,  mulai dari sakit punggung hingga penurunan libido setelah menopause. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut rahasia sehat sederhana dari beberapa pakar kesehatan untuk Anda.

PMS
Menurut dr. Ann Walker, pemilik herbal medicine clinic di Berkshire, mood jelek diiringi  amarah serta retensi air yang mengganggu perempuan pada minggu sebelum mendapatkan siklus menstruasi bisa diatasi dengan menambah asupan magnesium. Meskipun cara kerja nutrisi ini belum diketahui sepenuhnya, magnesium diyakini  efektif meningkatkan produksi dopamine, zat kimia otak yang berkaitan dengan mood.
Selain itu, magnesium juga membantu mencegah peradangan yang menyebabkan retensi air."Banyak orang yang kekurangan makanan sumber magnesium seperti wholegrain, kedelai, dan sayuran berdaun hijau. Jika begitu Anda bisa menggunakan suplemen," terang Walker seperti dikutip situs dailymail. Walker menganjurkan kosumsi 270  miligram magnesium per hari. Selain itu, terang dia, pastikan memilih magnesium sitrat yang lebih mudah diserap dibandingkan magnesium oksida.

Penurunan libido
Menopause, menurut seorang dokter dari Bristol Dr Zara Aziz, seringkali menurunkan libido. Akan tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat yang mengandung testosteron (salah satunya adalah tibolone). Obat ini menurut Aziz, selain bisa menghangatkan kembali kehidupan cinta Anda, juga bisa meredakan gejala-gejala  menopause seperti kilas panas dan osteoporosis.
"Jika dikonsumsi selama 6 bulan obat ini terbukti bisa memperbaiki kehidupan seksual," terang Aziz.  Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah ke alat kelamin sekaligus berperan menggantikan hormon perempuan.

Sakit punggung
Laki-laki dan perempuan sama -sama bisa menderita sakit punggung. Tetapi, menurut wakil ketua Family Doctor Association Dr Claire Rushton, perempuan lebih berisiko karena dipicu oleh faktor kombinasi seperti siklus menstruasi, kehamilan dan ukuran payudara yang besar.

Bagaimana cara mengatasinya? Menurut Rushton, gangguan ini bisa diatasi dengan melatih otot-otot perut."Anda seringkali tidak menyadari kalau otot-otot perut yang lemah bisa memicu sakit punggung. Otot-otot perut bekerja mendukung punggung, jika otot mengendur, Anda cenderung melengkungkan badan sehingga punggung mengalami peregangan."

Anda bisa melatih otot perut dengan cara sederhana. Cobalah duduk tegak, kemudian tarik perut ke dalam sejauh mungkin, tahan hingga hitungan sepuluh. Lakukan 10 kali di pagi hari dan 10 kali di malam hari."Anda akan merasa lebih baik setelah seminggu." Selain itu, Rusthon juga menganjurkan Anda untuk menarik perut ke dalam saat membungkuk untuk memungut sesuatu. Cara ini, menurut dia, juga melindungi punggung dari peregangan berlebih.